MASUKKAN KE KERANJANG

HABIS

PRE-ORDER

Refer to get $15

Nggak Ribet, Ini Dia 5 Cara Berhenti Merokok untuk Kamu, Mana yang Harus Dilakukan Terlebih Dulu?

Nggak Ribet, Ini Dia 5 Cara Berhenti Merokok untuk Kamu, Mana yang Harus Dilakukan Terlebih Dulu?

Oktober 22, 2021

Seorang pria sedang mengambil nafas panjang di pinggir sungai

Pikirkan keberhasilan untuk berhenti merokoksetelah itu gabungkan niat untuk merealisasikannya

Bagi sebagian besar perokok, cara berhenti merokok tidak semudah menyalakan rokok itu sendiri, apalagi kalau kegiatan ini sudah berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Kehilangan satu jadwal rutin merokok saja, dampaknya akan langsung terasa.

Untuk diketahui, menurut Kementerian Kesehatan, di tahun 2021 ini jumlah perokok aktif di Indonesia sudah mencapai 65,7 juta jiwa, atau sekitar 33,8% dari seluruh populasi warga Indonesia. Dengan catatan ini, Indonesia menjadi negara dengan jumlah perokok terbanyak ketiga dunia.

Cara berhenti merokok itu memang tidak mudah, tetapi bukannya tidak mungkin. Semua bisa dilakukan asalkan disertai dengan niat yang teguh untuk melakukannya. Kami mengumpulkan informasi dari setidaknya lima mantan perokok untuk menceritakan kisah sukses mereka dalam berhenti merokok.

Dapatkan Dukungan dari Orang Terdekat 

Langkah pertama dari cara berhenti merokok adalah dengan mencari dukungan dari orang terdekat. Setidaknya itu yang diungkapkan oleh Adi Rafli, seorang marketing executive perusahaan fashion yang kami wawancarai. Mereka bisa saja orang tua, saudara atau bahkan pasangan. Tahap awal berhenti merokok adalah masa-masa terberat, dukungan adalah hal yang penting untuk didapatkan.

Tips dari Adi: Ceritakan niat untuk berhenti merokok pada keluarga dan pasangan. Minta mereka untuk membantu mengawasi selama proses berhenti ini berlangsung. Tapi harus diingat, mereka tidak akan mengawasi terus menerus. Jadi usahakan setiap orang yang terdekat mengetahui niatmu  agar terhindar dari godaan merokok secara sembunyi-sembunyi.

Kurangi Godaan Merokok

Seorang wanita menaikkan telapak tangan untuk menunjukkan penolakan

Katakan tidak pada setiap godaan merokok yang datang

Godaan tentunya akan selalu ada. Hal ini yang dialami oleh Keenan Danu, seorang pengusaha retail. Di jalan, pasti banyak sekali orang yang terlihat sedang merokok, misal saat nongkrong di kafe atau sekadar keluar rumah untuk sekedar membeli kopi di seberang jalan. Karena itu, cara berhenti merokok yang juga efektif adalah dengan mengurangi godaan sedikit demi sedikit.

Tentu saja, kita tidak bisa mengontrol orang yang merokok di jalan atau kafe, tetapi setidaknya di awal kita bisa mengontrol diri sendiri. Keenan awalnya mencoba dengan cara yang paling mudah, yaitu  tidak membeli satu bungkus rokok sekaligus, melainkan secara ketengan. Jadi ia cukup membeli satu batang ketika benar-benar membutuhkannya. Selanjutnya tinggal mengurangi konsumsi rokok secara bertahap.

Jika cara berhenti merokok seperti ini sudah tidak tertahankan lagi, sibukkan tangan dengan berbagai benda. Setidaknya inilah yang dilakukan oleh Kalandra Fathir, seorang fotografer. Saat sedang memotret, tentu saja tangannya akan sibuk, namun apa yang harus dilakukan saat sedang idle? Fathir memberi tips untuk mencari benda-benda berukuran kecil yang mudah dibawa kemanapun, misal pulpen, fidget spinner atau bola yang bisa dipakai untuk latihan peregangan. Sebagai pengalihan, Fathir bisa memutar pulpen atau fidget spinner, atau meremas bola. Selain itu, jika mulutnya terasa asam,  ia juga mengubah kebiasaan dengan ngemil buah. 

 

Fokus pada Hobi Baru

Ada yang bilang, kalau sudah hobi, apa pun pasti akan dilakukan. Karena itu, temukan hobi untuk membantu mengalihkan pikiran dari rokok. Dengan hobi, pikiran dan tubuh bisa tetap aktif dan tidak memberikan waktu untuk memikirkan rokok.

Tommy Pranata, seorang musisi yang sedang mendalami pembuatan konten YouTube memberi tips untuk menekuni hobi baru. Beberapa hobi baru yang bisa dilakukan antara lain bermain musik, jogging, atau menekuni fotografi ponsel yang semakin nge-tren di Indonesia. Siapa tahu nantinya kita bisa membuat konten-konten menarik soal proses berhenti merokok untuk menjadi inspirasi bagi orang lain.

Ajak orang terdekat  untuk menjalani hobi bersama. Intinya adalah jangan membiarkan waktu kosong menimbulkan kembali rasa ingin merokok. Alihkan energi ke berbagai kegiatan yang lebih positif.

Beri Reward pada Diri Sendiri 

Self-reward itu penting. Artinya kita menghargai setiap pencapaian yang didapatkan dari setiap cara berhenti merokok yang dilakukan. Jadi jangan ragu untuk memberi diri sendiri hadiah ketika berhasil menjalani satu hari tanpa rokok. Gilang Jagad, seorang arsitek yang baru saja berhentimerokok berpendapat kalau reward ini tidak perlu yang ‘wah’, misalnya upgrade meja kerja.

Selain untuk diri sendiri, reward juga bisa diberikan untuk orang lain, lho. Kita bisa mengatur jadwal makan dengan orang terdekat, atau mentraktir orang terdekat dari uang yang berhasil dihemat ketika tidak lagi membeli rokok.

Percaya deh, jumlahnya pasti besar. Lakukan terus kegiatan ini untuk merayakan setiap keberhasilan. Mulai dari satu hari, tiga hari, seminggu, sebulan dan seterusnya.

Cari Alternatif Lain 

Seorang wanita sedang tersenyum dengan RELX Inifinity di tangan kanannya

Rokok elektrik bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok yang efektif 

Cara berhenti merokok lainnya adalah dengan mencari alternatif rokok itu sendiri, yang tidak lain adalah rokok elektrik. Ada berbagai alasan yang mendukung alternatif ini, misalnya tidak bau, lebih hemat dan lebih mudah serta cepat digunakan jika dibandingkan rokok konvensional.
Salah satu perangkat yang bisa dipilih adalah closed-pod system yang memiliki bentuk dan perasaan seperti menggunakan rokok konvensional. Model ini lebih mudah digunakan tanpa harus mengganti komponen yang justru bisa membuat penggunanya lebih pusing. 
Dibandingkan dengan rokok, rokok elektrik akan jauh lebih murah dalam penggunaan jangka panjang. Misalnya  dan RELX Essential yang bisa didapatkan dengan harga Rp300.000 dan Rp200.000. Opsi ini bisa menjadi lebih murah lagi dengan membeli paket bundling dengan RELX Pod Pro.

Cara berhenti merokok sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tentunya tidak mungkin cocok untuk setiap orang. Selain mengambil inspirasi dari lima orang di atas, kita juga bisa mencari cara berhenti merokok yang ideal untuk dilakukan agar berhasil. Berpindah ke rokok elektrik akan menjadi pilihan yang cerdas untuk menanggulangi rasa ingin merokok yang semakin menjadi-jadi.
Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil berhenti merokok!

 

Referensi: https://www.jpnn.com/news/data-mengejutkan-tentang-perokok-di-indonesia-sungguh-mengkhawatirkan