MASUKKAN KE KERANJANG

HABIS

PRE-ORDER

Refer to get $15

Masalah Pada Charger Vape: Ini Dia 4 Hal yang Umum Terjadi

Masalah Pada Charger Vape: Ini Dia 4 Hal yang Umum Terjadi

April 19, 2022

Charger vape adalah komponen pendukung penting dalam perjalananmu nge-vape. Tanpanya, device tidak akan berfungsi dan kamu engga bisa nge-vape. Namun, ada kalanya saat komponen pendukung tersebut butuh bantuan dari pemiliknya karena ada yang salah dengan komponen tersebut.

Kalau kamu butuh wawasan seputar alasan kenapa charger vape-mu tidak berfungsi dengan baik, artikel ini punya jawabannya.

Namun, sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa vape dengan baterai tertanam (built-in) biasanya menggunakan charger yang sama dengan barang elektronik lainnya seperti ponsel atau laptop. Device vape besar dengan baterai yang dapat dilepas (umumnya tipe 18650 atau 21700) membutuhkan charger khusus.

 

Alasan #1: Konektor Rusak atau Kotor Baterai vape berada di atas charger di belakang vape.

 

Untuk mengisi daya device-mu, charger vape perlu terhubung dengan benar ke unit vape. Kalau konektor tidak terhubung dengan baik, proses pengisian daya pun tidak akan berjalan semestinya. 

Bahkan, ada kemungkinan kalau daya vape-mu tidak terisi sama sekali. Hal ini terjadi karena beberapa charger memiliki fitur keamanan built-in yang dapat menghentikan proses pengisian daya jika koneksi tidak stabil atau tidak normal. 

Untuk mengetahui apakah masalahnya ada di charger, lihat kedua ujung kabel (untuk vape dengan baterai built-in). Kalau kamu melihat ada kerusakan di bagian logam, terutama pada bagian dalam, coba gunakan kabel lain dan lihat apakah pengisian daya bisa dilakukan. Upaya ini mungkin menyelesaikan masalahmu.  

Kamu juga perlu memeriksa apakah ada benda asing yang menghalangi konektor. Debu, serat, atau kerak liquid vape adalah benda-benda asing yang umum ditemukan. Kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber. Hindari menggunakan tisu atau bahan berserat lainnya karena dapat menyebabkan masalah yang sama. 

Karena charger khusus yang digunakan kebanyakan vape dengan baterai yang bisa dilepas tidak memiliki kabel, periksa terminal logam di charger dan baterai. Saran yang telah dijelaskan sebelumnya juga berlaku di bagian ini. 

Alasan #2: Kabelnya Bermasalah Kabel charger ryang usak menunjukkan bagian dalamnya.

 

 

Kawat pada kabel yang menghubungkan charger ke device atau steker mungkin rusak akibat penggunaan atau kesalahan pada penggunaan yang menyebabkan aliran daya terputus ke device-mu. Masalah ini dapat menyebabkan daya device-mu tidak terisi dengan baik, atau tidak terisi sama sekali.  

Aliran daya yang tidak teratur juga dapat menyebabkan vape tidak menerima daya yang dialirkan sebagai mekanisme keamanan untuk menghindari korsleting pada baterai. 

Kalau kamu nggak yakin penyebabnya adalah kabel, cara termudah untuk mengetahuinya adalah mengisi daya device menggunakan kabel lain dan lihat apakah masalah tersebut masih terjadi atau tidak. 

Kalau memang masalahnya terletak pada kabel, kamu engga perlu memperbaikinya. Cukup ganti saja dengan kabel yang baru seperti kebanyakan orang mengganti kabel charger ponselnya dengan yang baru. 

Alasan #3: Sumber Daya Nggak Berfungsi 

Stopkontak di dinding menunjukkan bekas terbakar.

 

Masalah ini cukup mendasar, tapi sering kali diabaikan. Bukan charger yang bermasalah, tetapi sumber dayanya. 

Ada banyak alasan kenapa stopkontak tidak bisa menyuplai pasokan daya yang stabil. Mungkin ada kerusakan fisik, penyumbatan, atau kabel aliran listrik terpotong (berada di balik tembok dan kamu tidak bisa melihatnya). 

Kalau kamu ingin memastikan masalahnya ada pada stopkontak, kamu bisa menghubungkan perangkat lain ke dalam soket atau menghubungkan charger vape ke soket lainnya. Ini juga berlaku jika sumber daya yang kamu gunakan adalah powerbank. Tentu saja, kamu tidak perlu melakukannya jika kerusakannya jelas terlihat.  

Kalau memang masalahnya ada pada sumber daya, kamu bisa menggantinya dengan sumber daya lain. 

Alasan #4: Masalah Perangkat Keras Lainnya 

 

Vape dengan kabel yang terhubung.

 

Sebagai perangkat elektronik yang sederhana namun cukup rumit, charger vape umumnya tidak terlalu bermasalah, apalagi charger yang digunakan untuk baterai yang dapat dilepas.

Salah satu masalah paling umum penyebab kegagalan pengisian daya adalah sekring putus. Pengisian daya bisa saja tidak terjadi karena mekanisme keamanan device untuk mencegah pengisian daya berlebih pada baterai yang menyebabkan masalah lebih serius. Tetapi jika charger bau gosong? Mungkin saja sekringnya putus.

Lalu, apa yang menyebabkan sekring putus? Biasanya, masalah ini terjadi akibat lonjakan daya secara tiba-tiba, terutama saat kamu menghubungkan pengisi daya langsung ke stopkontak yang diarde, atau yang mengeluarkan terlalu banyak daya. Oleh karena itu, kamu harus yakin bahwa kamu menghubungkan charger di tempat yang benar. 

Kalau kamu mengutamakan keselamatan, coba membeli Automatic Voltage Regulator (AVR) agar aliran daya tetap stabil dan aman. AVR juga bisa digunakan untuk perangkat elektronik lain seperti laptop atau TV sehingga memiliki AVR adalah investasi yang baik.

Terganting pabrikan dan konfigurasinya, charger vape dengan sekring putus mungkin masih bisa digunakan. Tetapi, kamu perlu meminta bantuan ahli untuk mengganti komponen sekring sesegera mungkin, kecuali kamu punya keahlian dan pengalaman untuk melakukannya sendiri. 

Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Masalah 

 

 

Salah satu cara mudah untuk menghindari masalah pada charger vape adalah memilih device yang didesain dengan performa canggih dan tahan banting. 

Produk RELX Infinity misalnya, dirancang untuk tahan lama dan kompatibel dengan hampir semua charger ponsel model terbaru serta kabel USB-C. Unit device ini bahkan memiliki pin pogo internal yang memungkinkan pengisian daya menggunakan charger nirkabel RELX dimana pun kamu berada tanpa perlu khawatir mengalami masalah-masalah charger pada umumnya. 

Dengan begini, kamu bisa nge-vape tanpa perlu mengkhawatirkan daya baterai device-mu. Ini baru pengalaman Super Smooth yang pantas kamu dapatkan. 




Juga di News

4 Pertanyaan Unik Seputar Apa Itu Vape yang Menggelitik
4 Pertanyaan Unik Seputar Apa Itu Vape yang Menggelitik

April 19, 2022

Daftar pendek pertanyaan vape lucu yang dimiliki orang dan fakta yang muncul dibaliknya

Lebih Lanjut

Kenalan Yuk dengan Komponen Vape Terbaik untuk Optimalkan Puff Kamu!
Kenalan Yuk dengan Komponen Vape Terbaik untuk Optimalkan Puff Kamu!

April 19, 2022

Tak kenal maka tak sayang. Karena itu, kenali setiap komponen vape terbaik untuk bisa mengoptimalkan performa puff kamu! 

Lebih Lanjut

Rahasia untuk Bikin Rasa Liquid Vape Kamu Makin Mantap: Baterai Vape!
Rahasia untuk Bikin Rasa Liquid Vape Kamu Makin Mantap: Baterai Vape!

April 19, 2022

Nggak banyak yang sadar kalau baterai vape berperan penting untuk menghasilkan rasa liquid vape tang pling optimal. Simak cara menghemat usianya! 

Lebih Lanjut