Artisan Device
Rp600.000,00
Infinity Device
Rp300.000,00
RELX Pod Pro
Rp90.000,00
RELX Pod
Rp75.000,00

Apakah Baterai Vape Panas Tanda Kerusakan?

September 15, 2022

Perawatan perangkat vape itu penting banget. Salah satu masalah yang paling sering ditanyakan oleh vapers adalah kenapa baterai vape panas. Apalagi bagi pemula, nih. Pasti jadi takut baterai rusak dan harus diganti. 

Jangan buru-buru beli baterai baru! Baterai vape panas itu hal yang wajar, kok. Fungsi baterai memang sebagai sumber tenaga untuk memanaskan liquid vape kamu. Dalam beberapa kasus, baterai yang terlalu panas bisa jadi indikasi kerusakan pada komponen perangkat.

Tentu saja kenaikan suhu pada baterai juga bergantung pada pola pemakaian vape itu sendiri. Nah, bagaimana cara kita tahu apakah panas dari baterai vape masih dalam tingkatan wajar, atau menjadi tanda-tanda kerusakan yang harus segera diatasi? Langsung saja kita kupas tuntas di artikel ini!

Alasan Kamu Nggak Perlu Khawatir Soal Baterai Vape Panas

Panas yang dihasilkan baterai vape disebabkan oleh pelepasan energi. Prinsipnya, perangkat vape baru bisa berfungsi kalau baterai menghasilkan panas.

Baterai panas pas lagi nge-vape? Nah, itu mungkin karena kebiasaan chain vaping yang meningkatkan suhu baterai secara signifikan. Kebiasaan jelek ini juga berpotensi memanaskan atomizer dengan lebih cepat. Anggap saja ini tanda kamu harus istirahat. Diamkan perangkat vape untuk beberapa menit sampai suhu baterainya sudah normal.

Penyebab lain baterai panas adalah pengisian daya. Sama seperti smartphone kamu, baterai akan semakin panas jika sedang di-charge. Normalnya, baterai nggak akan sampai terlalu panas saat disentuh.

Kabar baiknya, sekarang banyak perangkat vape yang terbuat dari material tahan panas. Contohnya RELX Artisan yang bagian luarnya terbuat dari kulit asli asal Eropa. Jadi, kamu nggak akan merasakan panas yang muncul dari main body vape.

Tanda-Tanda Baterai Vape Overheat

Baterai vape terpasang dalam pengisi daya berwarna hitam

Perangkat vape kamu terlalu panas untuk digunakan? Bukan tanda bagus, nih. Kalau sampai kamu nggak nyaman menyentuh perangkat vape sampai 15 detik, itu artinya baterai vape overheat.

Bagi pengguna RELX, kamu bisa mengecek adanya tanda kerusakan baterai dengan melihat lampu indikator. Kalau perangkat RELX kedip merah 3 kali, ada beberapa kemungkinan yang terjadi.

Pertama, baterai sudah mau habis. Kedua, ada kerusakan pada baterai, tank, atau coil. Perangkat vape modern seperti RELX sudah dilengkapi fitur keamanan yang mencegah terjadinya arus pendek dalam baterai. Apabila masalah ini terjadi, segera ganti baterai dengan yang baru, ya.

Ada beberapa tanda kerusakan lain yang harus kamu perhatikan. Misalnya, baterai jadi lebih cepat habis. Padahal, kamu nggak terlalu sering nge-vape. Cek juga baterai wrap, apakah robek atau terkelupas. Kalau baterai wrap masih dalam kondisi bagus, kemungkinan besar ada masalah yang terjadi di atomizer kamu. Bisa saja kamu menggunakan ohm yang terlalu rendah, atau coil belum terpasang dengan baik.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Baterai Vape Overheat?

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah berhenti nge-vape untuk beberapa menit. Kalau perlu, cabut baterai dari vape kamu.

Lalu, periksa kondisi baterai vape kamu. Dalam beberapa kasus yang dialami pengguna rebuildable tank atomizer (RTA), bercak liquid dari kebocoran tank yang merembes ke baterai jadi penyebab overheating. Solusinya, ganti baterai dan bawa ke toko vape untuk memperbaiki tank yang bocor.

Jangan lupa juga untuk memeriksa atomizer kamu. Cek dengan teliti. Apakah ada masalah pada coil? Apakah coil terlalu dekat dengan dinding rebuildable dripping atomizer (RDA)? Airflow yang terlalu kecil atau adanya kerak pada coil bisa jadi akar masalah. Segera atasi supaya baterai nggak lagi overheat.

Terakhir, periksa juga pin konektor atomizer pada komponen utama vape kamu. Biasanya, ada rembesan liquid yang menghambat perpindahan arus listrik yang berfungsi untuk memanaskan coil.

Bebas dari Masalah Baterai Vape Panas

RELX Infinity Gold dengan latar pasir hitam

Perangkat vape saat ini sudah hadir dengan berbagai jenis. Nah, salah satu perangkat yang bisa membebaskanmu dari repotnya baterai vape panas adalah closed-pod system. Jenis pod ini hadir dengan beberapa keunggulan, seperti pengalaman nge-vape super smooth dan konsep plug and play.

Kamu bisa mengandalkan RELX Infinity atau RELX Essential sebagai perangkat pilihan untuk mulai perjalanan #nosmoke kamu. Nggak cuma desainnya yang keren, tetapi teknologinya pun canggih. Minim perawatan juga, jadi nggak ngerepotin kamu!

Perbedaan RELX Infinity dan Essential bisa kamu temukan di kapasitas baterai dan cara pengisian baterai. Daya baterai RELX Infinity lebih kuat, sehingga kamu bisa nge-vape lebih lama. Lalu, kamu juga bisa menggunakan RELX Wireless Charging untuk mengisi baterai RELX Infinity di mana pun kamu berada. Cukup sampai dua hari pemakaian, lho!

Baterai vape panas ganggu mood kamu? Sudah nggak zaman! Waktunya beralih ke RELX untuk pengalaman nge-vape yang bebas repot!




Juga di News

RELX Infinity Gold dengan latar hitam.
Daftar Lengkap Harga RELX Pod, Device, dan Aksesoris

Januari 17, 2023

Cek daftar harga RELX Pod dan semua produk RELX edisi 2023 berikut ini supaya kamu nggak salah beli!

Lebih Lanjut

Introducing RELX’s New Branding
Introducing RELX’s New Branding

Januari 16, 2023

New Year, New RELX!  Today, we want to share with you that we have a new and upgraded branding.

Lebih Lanjut

Seorang wanita memegang RELX Infinity Plus.
Cara Charge RELX Jika Pod Berkedip 3 Kali

Januari 13, 2023

Pod kedip 3 kali menandakan ada masalah yang terjadi. Simak cara charge RELX yang benar untuk mengatasi situasi ini. 

Lebih Lanjut

Keranjang Belanja
Coupon tersedia dan dapat digunakan
Harapan pencapaian points by

Bebas ongkir sampai dengan IDR 20K. Total biaya pengiriman saat check-out sudah termasuk biaya asuransi pengiriman.

Total

Rp 0,00

Your cart is empty!

Lanjut Berbelanja